Cara Mengatasi Samsung J2 Prime Penyimpanan Penuh


Iappstation - Cara Mengatasi Samsung J2 Prime Penyimpanan Penuh | Smartphone android bermerk Samsung memang cukup populer dan banyak digunakan oleh warga indonesia. Ada banyak sekali jenis dan model dengan spesifikasi yang minim hingga berkelas mewah.

Salah satu smartphone android Samsung ini banyak diminati dengan spesifikasi yang standar yaitu Samsung galaxy J series. Smartphone ini hadir dengan membawa memori penyimpanan internal yang cukup kecil mulai dari 8 sampai 32 GB. Namun pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai Samsung galaxy J2 Prime yang memiliki internal storage Cuma 8GB.

Besar kapasitas dari internal Samsung galaxy J2 Prime tentu kadang-kadang menjadi suatu masalah baru yaitu memori Samsung galaxy J2 Prime yang cepat penuh. Sebab selain sebagai media penyimpanan data aplikasi, memori internal Samsung galaxy J2 Prime juga sebagai tempat penyimpanan berkas berharga lainnya seperti foto, video music dan lain sebagainya.

Lalu adakah tips-tips untuk dapat menghemat dan mengurangi penggunaan memori internal di Samsung galaxy J2 Prime? Jika saat ini anda sedang mencari solusi agar mengatasi memori penuh pada Samsung galaxy J2 Prime, maka anda sudah tepat berada di artikel ini.

Cara mengatasi Samsung galaxy J2 Prime memori internal penuh


Kenapa memori internal dari Samsung galaxy J2 Prime cepat sekali penuh? Besar kapasitas memori internal yang ada di Samsung galaxy J2 Prime. Selain untuk penyimapanan berbagai aplikasi dan data penting, juga tempat penyimapanan OS dari Samsung galaxy J2 Prime itu sendiri.

Jadi alih-alih mendapatkan kapasitas yang lumayan besar 8GB, maka hanya akan tersisa ya kira-kira hanya 4GB saja, sisa 4GB lagi akan digunakan untuk menyimpan file sistem operasi dari smartphone Samsung galaxy J2 Prime.

Jika saat ini smartphone Samsung galaxy J2 Prime anda muncul notifikasi ruang penyimpanan yang penuh. Maka sebaiknya anda cepat-cepat mengatasi hal tersebut, aplikasi yang eror, tidak bisa update dan tidak mampu menambah aplikasi yang baru.

Maka dari itu, pada artikel kali ini author akan memberikan tips cara mengatasi smartphone Samsung galaxy J2 Prime memori internal penuh, yang dapat anda coba.

Mengubah lokasi penyimpanan hasil kamera


Seperti yang anda ketahui, hasil foto dan rekaman video dari kamera smartphone Samsung galaxy J2 Prime akan otomatis tersimpan di dalam memori internal. Terlebih untuk anda yang suak foto untuk mengabdikan diri kepada media social, merekam dan membuat video melalui Samsung galaxy J2 Prime.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut anda perlu mengatur penyimapanan smartphone Samsung galaxy J2 Prime ke kartu memori untuk menyimpan hasil foto anda. Pastikan anda sudah memiliki dan memasang MicoSD dengan kapasitas yang melebihi smartphone Samsung galaxy J2 Prime, selanjutnya anda dapat ikuti tahap-tahap seperti dibawah ini.

  1. Buka aplikasi kamera di smartphone Samsung galaxy J2 Prime
  2. Lalu anda buka pengaturan kemudian cari opsi lokasi penyimpanan Samsung galaxy J2 Prime
  3. Silahkan anda ubah opsi tersebut ke penyimpanan MicroSD.

Setelah anda mengubah penyimpanan foto atau video ke SD Card, maka nantinya hasil foto yang anda abadikan bakalan tersimpan di kartu memori smartphone Samsung galaxy J2 Prime.

Menggunakan aplikasi pembersih memori dari sampah


Terdapat banyak sekali jenis file yang tersimpan di dalam memori internal smartphone Samsung galaxy J2 Prime. Seperti data cache, file sampah, data aplikasi dan berkas yang lainnya.

Semakin banyak anda memiliki aplikasi yang terpasang di Samsung galaxy J2 Prime, tentunya akan semakin bertambah besar file cache yang tersimpan di Samsung galaxy J2 Prime. Oleh sebab itu anda harus secara rutin membersihkan memori internal, agar performa Samsung galaxy J2 Prime anda terus lancar.

Lakukan secara rutin memindahkan berkas penting ke kartu memori eksternal


Selain dari hasil kamera, biasanya ada banyak foto atau video yang berasal dari aplikasi. Misalnya saja file media dari WhatsApp, Line dan aplikais social media lainnya.

Berkas berupa foto dan video tersebut akan tersimpan dan menghabiskan kapasitas ruang memori internal anda. Jika jarang diperiksa, lama kelamaan akan menjadikan memori internal smartphone Samsung galaxy J2 Prime cepat penuh.

Untuk itu anda sebaiknya sering secara rutin memindahkan file penting ke kartu memori dan menghapus file yang tidak penting di memori internal. Cara memindahkan nya sendiri anda dapat melakukan menggunakan laptop yaitu dengan menggunakan aplikasi bawaan file manager bawaan smartphone Samsung galaxy J2 Prime.

Memindahkan data aplikasi ke microSd


Selain dengan rutin untuk membuat sebuah cadangan data-data media, anda bisa mengubah lokasi penyimpanan data aplikasi ke kartu memori. Memang tidak semua aplikasi dapat dipindahkan, kecuali memang Samsung galaxy J2 Prime sudah dalam keadaan root.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda coba untuk memindahkan data aplikasi ke kartu memori Samsung galaxy J2 Prime tanpa root terbaru.

  1. Silahkan anda masuk ke pengaturan lalu masuk ke menu aplikasi di Samsung galaxy J2 Prime
  2. Silahkan anda cari dan pilih aplikasi yang ingin anda pindahkan datanya
  3. Lalu tekan pilihan penyimpanan, jika bisa dipindahkan akan terdapat tombol ubah
  4. Silahkan anda tekan tombol ubah untuk memindahkannya ke kartu memori

Jika anda mencari cara menambah memori internal pada Samsung galaxy J2 Prime, tentu akan terasa rumit. Sebab memori internal pada Samsung galaxy J2 Prime menyatu dengan IC eMMC. Satu-satunya cara yang dapat diatasi yaitu dengan menambahkan kartu memori atau MicroSD. Anda bisa coba dengan langkah-langkah diatas dengan baik dan benar.

Demikian beberapa tips mengenai cara membersihkan sampah pada Samsung galaxy J2 Prime yang menjadikan memori internal penuh yang dapat anda terapkan sesuai dengan cara diatas.

Terimakasih telah membaca artikel Cara Mengatasi Samsung J2 Prime Penyimpanan Penuh semoga bermanfaat bagi anda yang sekarang sedang menggunakan Samsung galaxy J2 Prime agar memori anda tidak penuh lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel