Asal usul teknologi basis data


iappstation - Asal usul teknologi basis data| Pesannya yang terdapat dalam pidato tersebut adalah bahwa terdapat era digital ini, data telah menjadi sebagian yang sangat penting bagi peradaban manusia seperti hal minyak bumi tersebut, yang sempat mendapat julukan dengan sebutan black gold. Pernyataan tersebut disampaikan berdasarkan fakta bahwa data telah menjadi sumber dengan laba bagi para pelaku bisnis di dunia internet. Mereka juga hidup dari data yang mereka berdayakan.

Saat ini, saja perusahaan fortune 1000 dan berbagai institusi pemerintah telah mulai memetic keuntungan dari adanya inovasi yang telah dikembangkan oleh pionir dalam bisnis web services. Dalam proses tersebut, mereka hanya belajar untuk memahami apa itu big data, mulai dari defines, jenis dan manfaat yang mungkin diperoleh dari implementasi teknologi, hingga bagaimana teknologi apa itu big data yang tepat bagi kebutuhan mereka tersebut.

Asal usul teknologi basis data 


Berawal dari keberhasilan suatu perusahaan web service raksasa seperti halnya google dan facebook mengelola dan memanfaatkan data tak terstruktur yang berupa CGM maupun click stream dalam volume yang sangat besar, sebuah konsep yang terkenal yaitu big data kemudian menjadi pusat dari perhatian dalam dunia teknologi informasi.

Di sisi pihak lain, fakta juga sedang menunjukkan bahwa semakin banyaknya organisasi di dunia, baik itu suatu perusahaan swasta ataupun instansi pemerintahan, yang mengalami kesulitan dalam mengelola data yang volumenya melimpah dan sejenisnya yang makin lebih kompleks. Anda juga harus memanage sekaligus menganalisa data tersebut dengan baik, dan anda harus menemukan arti atau nilai dari tumpukkan data yang telah berkembang dan makin kompleks. Yang dikatakan telah melewati untuk memprosesnya. Kondisi ini juga dikategorikan sebagai olah big data, yang dapat diartikan sebagai kumpulan data dalam jumlah yang cukup besar yang tantangannya terletak pada bagaimana data tersebut mesti dapat disimpan.

Secara sederhana, suatu big data adalah sebagai kumpulan data dengan volume yang sangat besar yang kompleks untuk dapat diproses dengan teknologi pengolahan data konvensional. Big data juga dapat di deskripsikan sebagai data yang memiliki 3 karakteristik yaitu volume, variety, velocity.

Apache Hadoop utamanya terdiri atas Hadoop distributed file system dan framework yang berfungsi untuk penyimpanan secara terditribusi, sedangkan Hadoop sendiri berfungsi sebagai framework pemrosesan data secara pararel.

Saat ini saja apache telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar seperti yahoo, facebook, ebay, ibm, intel dan nec. Oleh karena itu Hadoop sistem yang dapat dioprasikan pada computer server biasa, telah dikatakan sebagai penggerak utama dari perkembangan big data. Dengan memperdayakan Hadoop untuk memproses dan menganalisa big data, dikatakan bahwa inovasi yang dihasilkan dari pengetahuan baru ataupun pemahaman yang lebih mendalam lagi, juga mengenai solusi baru dalam proses pengambilan dari keputusan telah dapat di realisasikan.

Tidak terbatas pada dunia bisnis saja, dilingkungan akademis juga peneliti mampu menjadi pusat perhatian. Mereka menjelaskan secara rinci mengenai pengalamannya menggunakan Hadoop dalam mengelola sekitar 25 petabytes data perusahaan di yahoo. Diantara cluster computer tersebut, yang paling besar terdiri atas 3.500 komputer server. Mereka lalu menemukan bahwa dalam hal Hadoop memang memiliki keunggulan yang tidak dapat dipungkiri. Selain itu mereka juga menyarankan bahwa mengelola Hadoop dalam beberapa cluster yang kecil akan lebih menguntungkan daripada yang besar.

Berkat keunggulan Hadoop dalam hal scalability, banyak peneliti di berbagai perguruan tinggi negeri maupun perusahaan menggunakan Hadoop untuk melakukan penelitian dengan pemrosesan data multidimensi dalam jumlah yang cukup besar.

Map reduce sebagai parallel distributed processing framework yang dimiliki oleh Hadoop, memang memiliki keunggulan dalam hal memproses data dalam jumlah besar secara batch processing dengan model pemrograman yang relative yang sederhana. Namun demikian, mapreduce dinyatakan tidak cocok untuk memproses sebuah data yang sifatnya interaktif atau real time. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, apache kemudian mengembangkan apache hbase, perangkat lunak yang memungkinkan pemrosesan big data dilakukan secara real time pada hdfs. Seperti hal Hadoop, ini hbase juga dikembangkan oleh open source. Facebook, website sns raksasa yang pada oktober tahun lalu telah memiliki sekitar 2,2 miliah pengguna aktif per harinya, menggunakan apache hbase untuk menyimpan dan pemrosesan data facebook message dari para penggunanya.

Seperti dengan Hadoop, hbase juga telah menjadi pusat sebuah perhatian di kalangan para akademis dan peneliti bidang teknologi informasi. Seorang peneliti telah mengembangkan sebuah ekstensi dari hbase yang mampu menerapkan multi dimensional range secara efektif dengan mengorbankan fitus yang merupakan salah satu dari keunggulan dari HBase. Ekstensi ini disebut dengan md-hbase teknik yang dapat diterapkan dalam hal ini adalah dengan memetakan data dua dimensi menjadi data satu dimensi menggunakan metode sebuah space filling curve yang dikenal dengan z curve. Selanjutnya dapat diterapkan dari teknik space yang dapat dikenal dengan kd tree untuk menyusun sebuah indeks dari data dua dimensi yang sedang diproses.

Terimakasih telah membaca Asal usul teknologi basis data semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mempermudah dalam memahai apa sih asal usul atau pengertian dari teknologi basis data itu? Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel